Sabtu, 03 Juli 2021

Masih Muda Sudah Beruban? Yuk Cek Faktanya!

0 comments

 Uban



Secara umum, uban atau rambut putih akan muncul ketika seseorang sudah mulai menua. Namun, ternyata ada juga orang yang berusia muda sudah memiliki rambut putih di kepalanya. Hal ini seringkali memunculkan stigma yang kurang baik, padahal rambut putih tidak hanya sebagai tanda penuaan atau penyakit. Yuk simak fakta menarik seputar rambut putih ini!


Faktor yang Mempengaruhi Munculnya Rambut Putih


1. Faktor Genetik

Usia bukan menjadi satu-satunya penyebab rambut putih muncul, tapi genetik juga mengambil peran. Ada orang yang sudah memiliki rambut putih bahkan ketika usianya masih 20 tahunan. Bagi beberapa orang, hal ini mungkin sangat janggal. Bagaimana mungkin orang berusia 20 tahunan sudah memiliki rambut putih.

Ternyata, orang-orang terdekat dari orang tersebut juga sudah memiliki rambut putih ketika usia muda. Hal ini menunjukkan jika genetik juga menjadi salah satu faktor mengapa seseorang bisa memiliki rambut putih padahal usianya masih terbilang muda atau belum saatnya muncul rambut putih.


2. Nutrisi yang Belum Cukup

Merujuk pada direktori penyakit sehatQ.com, munculnya rambut putih juga bisa dipicu oleh nutrisi yang belum cukup. Menurut penelitian, nutrisi berupa kalsium, ferritin, dan vitamin D3 harus terpenuhi supaya rambut putih tidak muncul secara prematur. Di penelitian yang lain juga diungkap bahwa kekurangan zinc, copper, dan zat besi juga bisa menjadi penyebab.

Cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah munculnya rambut putih secara prematur adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat di atas. Zat-zat di atas memberikan pengaruh terhadap munculnya rambut putih, sehingga rambut anda akan tetap sehat.


3. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya rambut putih di usia muda. Sebab, ketika tubuh merespon sesuatu yang menjadi pemicu stres, ada sel tubuh yang rusak. Hal ini didukung oleh penelitian yang melibatkan seekor tikus. Stres terbukti dapat merusak DNA dan akan terakumulasi dalam jangka panjang, sehingga dapat memicu munculnya uban.

Stres memang tidak berhubungan langsung dengan memutihnya rambut. Namun, kondisi tubuh yang sedang stres akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan rambut. Orang yang sedang sakit umumnya akan sering mengalami rambut rontok yang lebih banyak dari biasanya.


4. Rokok

Selain stres, rokok juga bisa menjadi penyebab munculnya rambut putih. Tidak hanya perokok aktif yang bisa mengalami hal ini, seorang perokok pasif juga memiliki potensi untuk memiliki rambut putih sebelum waktunya. Hal ini bisa terjadi karena rokok dapat membuat kulit dan rambut menjadi stres, sehingga memicu perubahan warna rambut.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kurangi konsumsi rokok secara perlahan hingga tidak sama sekali. Dengan demikian, anda bisa menurunkan resiko munculnya rambut putih sebelum waktunya. Hal ini juga didukung oleh direktori penyakit sehatQ.com yang menyatakan bahwa seorang perokok 2,5 kali lebih rentan memiliki rambut putih sebelum 30 tahun.

Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Sebab, kemunculan rambut putih bisa mempengaruhi percaya diri. Pasalnya, rambut putih yang muncul sebelum waktunya dapat mempengaruhi penampilan. Oleh karena itu, lebih baik menghindari faktor-faktor yang dapat memicu tumbuhnya rambut putih sebelum waktunya.


Munculnya rambut putih untuk orang yang sudah mulai menua adalah hal yang wajar. Namun menjadi hal yang aneh ketika muncul pada orang yang masih muda. Banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan rambut putih sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Cara terbaik untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menghindari faktor-faktor yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar