Selasa, 04 Agustus 2020

Sejarah Persija Jakarta

0 comments
Persija Jakarta


Persija merupakan salah satu klub terkuat di Indonesia. Berbagai macam prestasi telah diraih oleh tim kesayangan The Jak ini. Namun, tahukah anda awal sejarah dari Persija Jakarta ini? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Awal Sejarah Persija Jakarta

Perlu diketahui bahwa sebelum menjadi Persija, klub bola asal ibukota Jakarta dengan julukan “Macan Kemayoran” ini mengalami berbagai perubahan nama dalam sejarahnya. Dimana, sejarah Persija ini berawal pada 28 November 1928 dengan nama Voetbalbond Boemipoetra (VBB). Selang setahun sejak terbentuknya VBB, konflik pun terjadi sehingga membuatnya harus dikeluarkan dari Voetbalbond Batavia en Omstreken (sejenis PSSI di masa Hindia-Belanda. Lalu pada 30 Juni 1929 berubah nama menjadi Voetbal Indonesische Jactra (VIJ).

VIJ ini didirikan oleh dua tokoh sepakbola dari klub-klub lokasl Jakarta yang sudah ada lebih dulu, yakni Soeri (klub Setyaki) dan A. Alie Subrata (klub Setia Tuhu Enggone Rukun/STER). VIJ ini bermarkas di Petojo. Selain itu, nama-nama besar lainnya pun ikut terlibat dalam pembentukan sejarah Persija ini, seperti Habib Kwitang dan Husni Thamrin.  Kemudian klub ini berkembang baik dari segi pemain maupun prestasi sehingga menjadi salah satu penggagas terbentuknya PSSI. Setelah itu, menurut berita bola terupdate di awal kemerdekaan bangsa Indonesia, klub ini beruba nama menjadi Persija.

Masa – Masa Keemasan Persija Jakarta

Di era perserikatan yang masih bernama VIJ, Persija menjadi kampiun pertama Perserikatan, kompetisi antarklub amatir daerah yang digelar oleh PSSI, musim 1930. Bahkan, VIJ berhasil mempertahankan gelar juara ini di musim, 1933, 1934, hingga 1938 sebelum invasi Jepang. Sementara di Liga Indonesia saat ini, Persija juga telah berhasil meraih berbagai kejuaraan yang cukup membanggakan.

Profil Persija Jakarta

Nama Lengkap : Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta

Julukan Tim : Macan Kemayoran

Stadion Kandang : Gelora Bung Karno

Kapasitas Stadion : 77,193

Lokasi Klub : Jakarta

Didirikan : 1928

Website : persija.co.id

Liga : Liga 1 Indonesia 2020-2021

Pelatih : Sergio Farias

Manajer : Bambang Pamungkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar