Rabu, 27 Mei 2020

Tak Mau Menerima Riba, Sosok Inspiratif Muda Pilih Produk Asuransi Syariah

0 comments

Tak Mau Menerima Riba, Sosok Inspiratif Muda Pilih Produk Asuransi Syariah

Mudah dan sukses, merupakan perpaduan yang cocok disematkan kepada sosok inspiratif bernama Bumi Dirgantara ini. Diusianya yang baru menginjak 25 tahun, ia sudah sukses mengelola bisnis sepatu custom. Kisahnya semakin inspiratis, saat laki laki muda tersebut memutuskan membeli polis asuransi syariah Indonesia. Penasaran dengan kisah Bumi Dirgantara? Yuk simak disini #AwaliDenganKebaikan.

Bumi Dirgantara, Pengusaha Muda yang Menginspirasi Milenial Untuk Berbisnis
Sosoknya memang masih terbilang muda, akan tetapi pemikirannya bisnisnya sudah matang selayaknya pebisnis ulung. Memulai pengalaman bisnis dari zaman sekolah menengah atas membuat Bumi sudah mengenal asam manis dunia bisnis. Saat itu ia masih duduk di bangku kelas satu SMA. Bumi merasa uang jajan yang diberikan oleh orangtuanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga Bumi memutuskan untuk membuat usaha kecil kecilan.

Bumi merupakan siswa yang gemar bermain game, salah satunya adalah game Dota. Menyadari kemampuannya tersebut, Bumi mulai coba coba menjadi joki game Dota untuk teman temannya. Dari menjadi joki game tersebut, Bumi mendapatkan penghasilan yang lumayan. Namun karena asyik dengan kegiatannya menjadi joki game, akhirnya nilai akademis Bumi menjadi menurun. Sehingga membuat ia memutuskan untuk berhenti menjadi joki game.

Namun dengan berhenti menjadi joki game, Bumi merasa uang jajannya kembali menjadi sedikit. Ia pun kembali memutar otak bagaimana mendapatkan uang tambahan. Iseng iseng Bumi membuka media sosial dan kemudian menemukan akun yang memposting tentang lowongan pekerjaan. Ia pun memutuskan untuk mencoba bekerja part time di sebuah café yang tidak jauh dari sekolahnya. Lumayan pikirnya, untuk tambah tambah uang jajan.

Namun pekerjaan partime tersebut tidak berujung lama, beberapa bulan kemudian Bumi memutuskan untuk resign. Dia kemudian berfikir untuk membuka bisnis saja, namun dia masih bingung ingin memulai usaha apa. Pasalnya uang tabungannya terbilang tidak terlalu banyak. Ia juga tidak ingin menyusahkan kedua orangtuanya dengan meminta uang untuk modal usaha.

Akhirnya Bumi memutuskan untuk memulai bisnis menjadi reseller sepatu. Bisnis online tanpa mengeluarkan dana, namun dapat memberikan keuntungan. Bumi sangat lama menggeluti bisnis menjadi reseller, bahkan hingga ia lulus dari SMA dan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Bumi kemudian memutuskan untuk membuka toko online shopnya sendiri, dengan menjual sepatu.

Hingga kemudian Bumi ditawari sang kakak untuk memulai bisnis sepatu custom. Awalnya Bumi masih ragu, namun kemudian ia setuju dengan ajakan kerjasama sang kakak. Meski di awal Bumi merasa ia belum bisa menyesuaikan diri, namun dengan perlahan ia bisa bertahan di bisnis sepatu custom. Hingga makin kesini bisnisnya semakin berkembang pesat. Bumi pun banyak diundang dalam forum forum bisnis untuk membagikan kiat kiat suksesnya.

Alasan Bumi Dirgantara Lebih Memilih Asuransi syariah
Sebagai pengusaha yang berorientasi untuk masa depan, Bumi tentu saja banyak memikirkan banyak hal. Termasuk tentang kesejahteraannya di kemudian hari. Namun daripada memilih polis asuransi konvensional, ia lebih memilih menggunakan asuransi syariah Indonesia. Alasannya cukup simpel, ia tidak ingin memiliki asuransi yang sarat dengan akad riba. Ia selalu mengingat ajaran orangtuanya bahwa riba merupakan hal yang tidak baik.

Konsep dalam asuransi yang berbasis syariah adalah adanya sebuah akad atau perjanjian yang tidak mengandung maysir (perjudian), riba (bunga), gharar (penipuan), penganiyayaan, barang haram, risywah (suap), dan maksiat. Akad dalam asuransi berbasis syariah dibagi menjadi 2 yakni akad tijarah yang dilakukan antara perusahaan asuransi yang berbasis syariah dengan peserta dan akad tabarru yang dilakukan oleh peserta dari asuransi berbasis syariah.

Demikian lah ulasan yang menceritakan kisah Bumi Dirgantara seorang pengusaha muda yang lebih memilih menggunakan produk asuransi syariah ketimbang memilih asuransi konvensional. Semoga kisah dari Bumi Dirgantara ini dapat dijadikan Inspirasi untuk Anda. Jadi, tidakkah Anda tertarik  untuk membeli produk asuransi berbasis syariah?
Allianz Blog Contest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar