Sabtu, 07 Maret 2020

Selain Harga Pipa, Ini Kiat Instalasi Air di Rumah Agar Hemat Biaya

0 comments

Selain Harga Pipa, Ini Kiat Instalasi Air di Rumah Agar Hemat Biaya

Faktanya, menemukan harga pipa yang lebih murah sudah cukup untuk membuat Anda hemat sekian persen. Namun begitu, Anda membutuhkan rencana agar pembiayaan dalam pembuatan instalasi pipa tidak boros.
Meskipun tampaknya simple, yakni tinggal membeli pipa, nyatanya masih banyak yang keluar biaya besar. Padahal, pipa yang dibelinya sudah cukup murah. Untuk itulah, Anda butuh rencana. Kurang lebih yang perlu direncanakan adalah sebagai berikut ini.
Jumlah Pipa
Sejak awal, Anda harusnya telah memperhitungkan tentang berapa banyak pipa yang akan digunakan. Jangan sampai membelinya terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.
Membeli terlalu banyak memungkinkan cukup banyak pipa yang disia-siakan. Artinya, Anda membelinya tapi barangnya tidak digunakan sama sekali. Jadi, Anda boros dan kurang perhitungan sama sekali.
Sebaliknya bila membelinya dalam jumlah sedikit, Anda juga akan mengalami kerugian. Kenapa? Ada kemungkinan jika nantinya akan membeli kekurangan pipa di tempat yang sama.
Dan perlu diperhatikan bahwa pembelian secara eceran ini biasanya akan memakan biaya yang lebih mahal. Harga pipa yang tadinya bisa dipotong dari pembelian cukup banyak tidak akan Anda dapatkan. Oleh karenanya, hitung terlebih dahulu kebutuhan pipanya.
Untuk mencegah kondisi di atas, cara terbaik adalah menghitung berapa banyak pipa yang bakal digunakan. Silahkan ukur terlebih dahulu saluran pipa yang akan dibuat. Dari sinilah, Anda akan memperoleh gambaran tentang panjangnya pipa.
Setelah memperoleh gambarannya, silahkan beli pipa dan usahakan untuk membelinya lebih sedikit. Misalnya butuh 10 pipa, usahakan untuk membeli sekitar 13 pipa. Gunanya jelas untuk cadangan di kemudian hari.
Ketebalan Pipa
Selain jumlah, ketebalan pipa juga perlu diperhatikan. Ketebalannya akan mempengaruhi pada kelangsungan saluran pipa yang dibuat. Anda juga harus jeli dalam menentukannya.
Usahakan agar ketebalannya sesuai dengan kebutuhan saluran air. Misalnya saluran air bertekanan tinggi, ketebalan pipanya juga harus lebih tinggi. Fungsinya untuk menahan tekanan sehingga tidak menimbulkan kebocoran.
Mengenai ketebalannya, Anda bisa memperhatikan spesifikasi dari jenis pipa yang disediakan. Normalnya, pipa yang disediakan sudah dilabeli informasi tentang kekuatannya atau kegunaannya seperti untuk saluran air kotor dan lain sebagainya. Dan spesifikasi ini sangat jelas bila pipa yang dibeli dari Rucika.
Selain kedua faktor di atas, jangan pernah lupakan untuk menghitung pelengkap pipa. Contohnya ialah lem perekat, knee, kran dan lain sebagainya. Usahakan untuk menghitung jumlahnya agar tidak kelebihan atau kekurangan barangnya. Itulah yang perlu Anda pertimbangkan selain harga pipa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar