Senin, 20 Januari 2020

Panel Surya, Manfaatkan Energi Listrik Dari Matahari

0 comments

Panel Surya, Manfaatkan Energi Listrik Dari Matahari

Panel surya memiliki peran besar dalam memasok kebutuhan listrik baik di daerah terpencil, maupun daerah dengan lokasi yang sulit di jangkau oleh listrik PLN. Bagaimana dengan orang yang tinggal di perkotaan ? Apakah bisa menggunakannya juga ? Sebelum berbicara lebih jauh mengenai penggunaan alat ini, mari kita kenali dahulu, apa itu panel surya.

Apakah Panel Surya itu
Definisi sederhananya, panel surya adalah alat yang mampu mengubah energi panas dan cahaya matahari menjadi energi listrik, yang kemudian dapat disimpan di dalam baterai atau dimanfaatkan secara langsung. Pada panel surya terdapat komponen kecil yang disebut sel surya atau photovolatic (pv).

Pengguna Panel Surya
Jumlah pengguna alat ramah lingkungan ini masih sangat minim, terutama di tingkat penggunaan rumahan. Tapi panel surya memiliki andil besar pada sektor industri, Contohnya satelit, satelit mengandalkan kebutuhan listrik untuk operasional hanya dari panel surya. Contoh lain, lampu lalu lintas.

Kelebihan Panel Surya
Mengapa alat ini lebih baik dibanding alat lain yang juga memanfaatkan energi terbarukan? berikut alasannya :

1.     Pemasangan yang relatif mudah, panel surya tidak membutuhkan tempat khusus untuk dipasang, syarat utama pemasangan panel surya ini, yang penting alat ini mendapatkan sinar matahari. Bandingkan dengan alat yang memanfaatkan air atau angin, panel surya jauh lebih mudah untuk di aplikasikan.
2.     Tidak menimbulkan gangguan atau polusi, baik polusi udara maupun polusi suara.
3.     Ramah lingkungan, tidak menghasilkan emisi dalam bentuk apapun.
4.     Awet, ya rata-rata panel surya biasanya dapat digunakan setidaknya 25 tahun ke atas.
5.     Listrik bisa di distribusikan ke area yang jauh, dan tidak memerlukan jalur distribusi, karena dapat berdiri sendiri.

Kekurangan Panel Surya
Dibalik kelebihannya, ada beberapa hal yang juga patut anda perhatikan, diantaranya :
1.     Harga yang relatif mahal, karena pengguna nya yang masih sedikit.
2.     Memerlukan lahan yang cukup luas dalam pemasangannya.
3.     Pengguna harus mengerti cara mendaur ulang dan penanganan panel surya yang sudah tidak digunakan.

Pada dasarnya energi fosil lama kelamaan akan habis, mau tidak mau kita harus beralih menggunakan energi alternatif, dari keunggulan yang telah disebutkan di atas, tentulah panel surya bisa menjadi pilihan yang paling memungkinkan untuk di aplikasikan di rumah atau di pemukiman umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar